Penyebab Keputihan Wanita

Diposting pada

penyebab keputihan wanitaPenyebab Keputihan Wanita

Banyak wanita yang bingung ketika mereka mengalami penyebab keputihan wanita. Meskipun tidak selamanya keputihan tersebut membahayakan organ vital seorang wanita, selagi keputihan tersebut masih dalam kondisi normal. Apa saja penyebab keputihan dan cara mengatasi keputihan.

Keputihan adalah kondisi dimana seorang wanita menggeluarkan cairan berupa lendir dari vaginanya. Keputihan biasanya terjadi usai mentsruasi maupun saat kehamilan.

Keputihan sebenarnya hal normal untuk melindungi vagina dari bakteri dan infeksi. Jika anda mengalami keputihan dengan warna yang putih atau bening. Maka hal itu merupakan hal yang wajar. Keputihan sebenarnya hal normal yang terjadi pada wanita untuk membersihkan keputihan dari berbagai bakteri yang terdapat pada vagina.

Namun yang harus dikhawatirkan ketika sebuah keputihan itu datang dengan disertai jenis jenis keputihan wanita lain yang membuat anda tidak nyaman. Penyebab keputihan ini merupakan salah satu hal yang tidak wajar.

Penyebab keputihan wanita dan cara mengatasi keputihan yang abnormal bisa dilakukan dengan sedini mungkin, ketika anda sudah menemukan gejala yang membuat anda merasa tidak nyaman dan keputihan memiliki warna yang berbeda.

Ciri-ciri Keputihan Yang Abnormal

  1. Keputihan dengan lendir selain warna putih
    • Lendir keputihan yang normal adalah berwarna putih bersih dan juga terkadang berwarna bening. Jika anda mengalami keputihan dengan warna lain, seperti hijau, coklat, kuning, atau abu-abu, itu merupakan tanda keputihan yang abnormal dan terdapatnya penyakit pada tubuh anda.
  2. Keputihan dengan rasa sakit dan gatal
    • Pengertian keputihan wanita juga bisa terjadi dengan rasa nyeri pada panggul dan juga disertai rasa gatal pada vagina, merupakan salah satu tanda keputihan yang anda alami dalam kondisi tidak normal. Kondisi ini biasanya mengindikasikan adanya infeksi pada organ reproduksi.
  3. Keputihan dengan pendarahan
    • Anda sudah berhenti menstruasi namun, mengalami keputihan berdasarkan darah. Jika hal ini terjadi, maka sudah dipastikan anda mengalami keputihan yang abnormal dan kondisi seperti ini merupakan kondisi yang tidak wajar. Maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan segera mungkin.

Penyebab Keputihan Abnormal

Penyakit keputihan wanita normal atau tidak normal bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal yang mempengaruhinya seperti:

  1. Infeksi Menular Seksual
    • Salah satu penyebab keputihan adalah infeksi menular seksual. Penyakit ini biasanya menular dari hubungan seksual yang tidak aman atau anda melakukan hubungan seks dengan orang yang sedang mengidap penyakit menular seksual.
  2. Stress
    • Salah satu penyebab terjadinya keputihan adalah stress. Stress merupakan salah satu kondisi yang sangat mempengaruhi terjadinya keputihan. Banyak wanita yang selalu mengalami keputihan, karena ia sedang stress akibat berbagai hal yang menyerang tubuhnya.
  3. Hormon
    • Salah satu pengaruh keputihan adalah kadar hormone dalam tubuh anda. Anda yang memiliki kadar hormon berlebihan, maka hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya keputihan pada diri anda. Keputihan sebenarnya wajar akan keluar ketika anda sedang bercinta, karena cairan keputihan bisa menjadi pelumas saat berhubungan seks.

Penyebab Keputihan Wanita dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa masalah keputihan yang sering terjadi. Kondisi ini merupakan kondisi keputihan secara normal, seperti:

  1. Memakai celana dalam terlalu ketat
  2. Salah memakai pembalut
  3. Tidak menjaga kebersihan vagina

Sedangkan dibawah ini penjelasan bagaimana cara mengatasi penyakit keputihan selain dari penyebab keputihan wanita seperti keterangan diatas, antara lain:

  1. Selalu menjaga kebersihan pada vagina
  2. Memakai celana dalam yang nyaman
  3. Selalu mengkonsumsi makanan sehat
  4. Selalu mengganti celana dalam ketika lembab
  5. Menggunakan kondom ketika berhubungan seks

Itulah beberapa penyebab keputihan wanita dan cara mengatasi keputihan. Apabila keputihan yang anda alami masih dalam kondisi normal. Maka hal itu wajar, namun jika keputihan terjadi dalam kondisi yang abnormal segeralah untul melakukan pemeriksaan medis klinik pandawa jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *