Pengertian Keputihan Wanita

Diposting pada

pengertian keputihan wanitaPengertian Keputihan Wanita

Pengertian keputihan wanita adalah cairan secret atau sekresi yang keluar dari saluran vagina wanita dan ini dikatakan masih wajar. Saat mengalami keputihan, seorang wanita akan mengeluarkan lendir dari vaginanya.

Sekret vagina ini adalah sesuatu yang alamiah untuk membersihkan diri, sebagai pelicin dan pertahanan  dari berbagai infeksi. Tetapi, perlu berhati-hati pula sebab ada beberapa keputihan yang merupakan ciri-ciri dari infeksi. Keputihan sendiri umumnya normal dan bervariasi dalam jumlah, warna, serta bau.

Keputihan yang tidak normal akan berwarna kuning atau hijau, teksturnya kental tidak cair, dan memiliki bau yang tidak enak, hal ini disebabkan oleh infeksi dan jamur. Keputihan terbagi dua, yaitu:

  1. Keputihan yang bersifat Normal atau Fisiologis.
  2. Keputihan yang bersifat Abnormal atau Patologis.

Sedangkan untuk mengetahui ciri-ciri keputihan wanita normal seperti penjelasan dibawah ini sebagai berikut:

  1. Warna bening atau sedikit putih.
  2. Bentuknya cair atau encer.
  3. Jumlahnya sedikit.
  4. Tidak berbau.
  5. Tidak menimbulkan rasa gatal, panas, dan nyeri.

Jika ciri-ciri dari keputihan tidak normal bisa anda lihat dan dijadikan sebagai bahan perbandingan seperti keterangan dibawah ini, antara lain:

  1. Banyak dan berlebihan.
  2. Bentuknya kental dan lengket.
  3. Berwarna putih susu, kuning, kehijauan dan cokelat.
  4. Berbau tidak sedap.
  5. Sangat gatal, terkadang perih dan nyeri.
  6. Berkepanjangan.
  7. Disertai dengan darah.

Penyebab Keputihan Pada Wanita

Setelah mengetahui tentang pengertian keputihan wanita, berikut penyebab keputihan kental yang membahayakan wanita umumnya disebabkan oleh infeksi yang disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab utamakeputihan antara lain bakteri, virus, jamur atau juga parasit. Kenali ragam penyebab keputihan berbahaya berikut ini, antara lain:

  1. Bakteri
    • Bakteri Gardnerella dan pada keputihan disebut Bacterial Vaginosis. Keputihan yang tak normal dan bisa membahayakan salah satunya disebabkan oleh infeksi bakteri. Infeksi ini bisa membuat cairan berbau tajam atau busuk. Perempuan yang punya banyak pasangan seksual atau seks oral berisiko tinggi mengalami hal ini.
  2. Jamur
    • Infeksi ini merupakan infeksi fungal yang mengakibatkan keputihan berwarna putih, seperti keju yang  lembut, selain itu juga menimbulkan rasa gatal, sensasi panas dan terbakar.
  3. Penyakit trichomoniasis
    • Ini adalah jenis infeksi lain, protozoa (organisme bersel satu) merupakan penyebab utamanya yang menyebabkan keputihan berwarna kuning, hijau, dan berbau menyengat(bau busuk) . Dan infeksi ini biasanya disebabkan dari hubungan seksual. Sebagian wanita juga ada yang tidak mengalami keluhan ini.
  4. Radang panggul
    • Infeksi ini ditularkan melalui hubungi seksual. Ini juga terjadi saat bakteri menyebar masuk ke dalam vagina hingga ke organ reproduksi, sehingga menghasilkan keputihan yang berat, dan berbau busuk.
  5. Hpv atau kanker serviks
    • Penyakit ini juga disebabkan oleh infeksi seperti penjelasan pengertian keputihan wanita, biasanya juga disebarkan lewat kontak seksual, yang memicu terjadinya kanker rahim. Gejalanya dapat berupa keputihan berwarna cokelat dan berbau tidak enak, terkadang disertai pendarahan.

Pengobatan Keputihan Wanita

Dalam melakukan upaya pencegahan terhadap infeksi, harus dimulai dari menjaga kebersihan vagina terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengunjungi klinik pandawa jakarta.

Jangan menggunakan douche karena bisa memperburuk keadaan karena berpotensi menghilangkan bakteri baik yang bermanfaat. Anda juga harus mempraktikkan seks yang aman dan menggunakan perlindungan untuk menghindari penyakit seksual yang menular.

Hindari untuk pemakaian celana dalam yang ketat, pantyhose, baju renang, celana pendek ketat atau celana dalam untuk waktu yang lama sesuai dengan anjuran penjelasan pengertian keputihan wanita.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *