Akibat Keputihan Berlebih

Diposting pada

akibat keputihan berlebihAkibat Keputihan Berlebih

Wanita sering mengalami keluarnya lendir dari vagina, hal ini disebut dengan akibat keputihan berlebih. Keputihan pada wanita memang sesuatu normal yang keluar dari vagina, selain menstruasi.

Keputihan wanita normal merupakan cairan berwarna putih yang keluar dari mulut vagina. Namun terkadang keputihan yang keluar berlebihan. Akibat keputihan berlebihan terkadang wanita merasa risih. Cairan keputihan memang berfungsi untuk menjaga kelembapan pada vagina.

Cairan keputihan pun akan keluar saat ingin berhubungan seksual sebagai pelumas. Namun banyak wanita yang khawatir jika keputihan yang keluar tidak dalam kondisi normal. Sehingga keputihan keluar dengan berbagai gejala akibat keputihan berlebih lainnya. Tentunya ini sangat mengkhawatirkan setiap wanita.

Cairan yang keluar akibat keputihan berlebih, menandakan bahwa anda sedang mengalami masalah pada vagina. Biasanya adanya masalah pada organ intim anda. Beberapa akibat keputihan berlebihan sebagai berikut adalah:

  1. Siklus Menstruasi
    • Keputihan yang keluar berlebihan menjelang menstruasi mungkin ini menjadi salah satu hal yang wajar bagi setiap wanita. Sehingga hal ini tidak perlu di khawatirkan oleh kalian wanita. Dimana cairan keputihan keluar karena adanya perubahan hormone dan kelembapan pada vagina pun berubah, sehingga cairan keputihan keluar cukup banyak.
  2. Keputihan Berlebihan Saat Hamil
    • Keputihan saat hamil juga bisa menggeluarkan cairan keputihan yang berlebihan. Keputihan akibat masa kehamilan juga bisa mempengaruhi keluarnya cairan jenis jenis keputihan wanita. Keputihan saat hamil menjadi salah satu hal yang normal. Tetapi menjadi sesuatu yang abnormal, ketika keputihan memiliki warna yang tidak wajar.
  3. Akibat Keputihan Berlebihan Karena Adanya Jamur
    • Jamur atau bakteri sangat suka hinggap di vagina, karena kondisi vagina yang lembab. Jika vagina anda sangat lembab, maka bisa dipastikan anda sedang mengalami keputihan yang abnormal. Keputihan karena jamur bisa disertai dengan gejala-gejala tertentu.
    • Gejala yang timbul dari keputihan yang keluar secara berlebihan ini semacam rasa nyeri dan rasa sakit pada bagian panggul. Sakit juga bisa timbul ketika anda buang air kecil. Karena banyak wanita yang merasa adanya gejala tidak wajar saat keputihan keluar.
    • Bakteri yang menjadi penyebab keputihan berlebihan bisa juga dikarenakan adanyan infeksi penyakit seksual yang tertular dari pasangan seks. Bakteri akan mempengaruhi kondisi vagina dan menyebabkan vagina menggeluarkan cairan keputihan yang cukup banyak.
  4. Kanker Serviks
    • Keputihan yang terjadi berbarengan dengan gejala tidak normal lainnya karena anda mengalami kanker serviks. Apabila anda sedang mengalami akibat keputihan berlebih dengan jumlah yang tidak normal, hal itu bisa menjadi tanda awal anda sedang mengalami kanker serviks.
    • Biasanya kondisi keputihan karena kanker serviks adalah ketika keluarnya cairan keputihan disertai dengan keluarnya darah. Hal ini tentunya akan sangat membuat anda merasa tidak nyaman. Terlebih keluarnya keputihan akan disertai dengan kondisi vagina yang sakit dan berbau.
    • Keputihan yang tidak normal akan membuat anda merasakan sesuatu yang tidak mengenakan dan membuat anda merasa tidak nyaman. Terkadang keputihan membuat rasa sakit saat buang air dan saat berhubungan seks. Bagaimanakah mencegah keputihan agar bisa hilang.
  5. Menjaga Kesehatan Vagina
    • Cara terbaik agar vagina tidak tertular bakteri hingga penyebab keputihan wanita yang berlebihan, maka anda harus selalu menjaga kebersihan pada vagina anda. Karena keputihan berlebihan bisa disebabkan oleh vagina yang tidak sehat.
  6. Menggunakan Pakaian yang Tepat
    • Bagi wanita, pakaian adalah segalanya. Termasuk untuk pakaian dalam. Usahakan anda menggunakan pakaian dalam  yang sangat nyaman untuk anda. Pakaian dalam yang nyaman bisa membantu anda untuk mencegah terjadinya keputihan.
  7. Menjaga Vagina Untuk Tetap Dalam Kondisi Kering
    • Bakteri akibat keputihan berlebih merupakan bakteri yang senang ditempat lembab. Agar anda bisa menghindari kondisi keputihan wanita berlebih. Selalu melakukan pembersihan vagina yang benar dan usahakan vagina untuk terus berada dalam kondisi yang normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *